Emoh Salah…

Introspeksi, satu kata yang begitu mudah untuk diucapkan, tentang pelaksanaan dan penerapannya?pasti sampean semua menjawabnya sulit bukan? Dan memang betul sekali. Ada banyak sekali nasihat tentang buruknya mencela atau menghujat dan juga menyalahkan sebab bisa saja apa yang kita cela atau kita hujat itu sebenarnya lebih baik dan jauh lebih benar dari kita sang penghujat dan pencela yang sebenarnya malah salah karena kurang introspeksi dan koreksi diri sendiri.
Pernah bermasalah dengan mesin ATM?saya seringkali mengalaminya mulai dari kartu yang tertelan atau transaksi yang tidak berlangsung dengan sukses seperti yang saya harapkan. Yang terakhir beberapa minggu lalu saat saya melakukan penarikan tunai dari sebuah mesin ATM, mesin ATM tidak juga mengeluarkan uang sejumlah yang saya inputkan sampai beberapa menit, tanpa peringatan apa-apa kartu saya keluar begitu saja. Penasaran saya coba lagi, masih saja mesin ATM tidak mau memberikan uang milik saya yang dikantonginya untuk saya minta. Merasa ada yang salah saya cek saldo saya lho kok saldo saya berkurang?padahal uang belum saya terima.
Akhirnya saya pindah ke mesin ATM lain dan berhasil melakukan penarikan, kembali saya cek saldo saya dengan harapan berkurangnya saldo saya di ATM pertama tadi hanya karena error di ATM tersebut dan saldo saya tidak bener-bener berkurang tapi ternyata saldo saya tetap berkurang sejumlah penarikan pertama yang tidak berhasil dan penarikan di mesin ATM kedua yang berhasil. Akhirnya saya memutuskan besok pagi akan menemui petugas pelayanan. Siang harinya saya oleh petugas bank yang menerima laporan saya menjelaskan bahwa saldo saya yang berkurang sudah dikembalikan, jadi kesimpulannya mesin ATM saat itu memang sedang agak mabuk.
Nah hari sabtu tanggal 23 februari kemarin saya dan teman saya bermaksud melakukan transfer ke nomer rekening temannya di bank Mandiri, karena dia tidak punya rekening bank Mandiri dia bermaksud meminjam ATM Mandiri saya untuk melakukan transfer untuk menghemat biaya transfer. Kebetulan ATM yang kami gunakan adalah ATM pertama yang ceritakan sempat error tadi, begitu saya masukkan kartu ATM dan klik-klik sampai menu pengiriman dan sebagainya (tampilannya memang tidak seperti jika transfer sesama rekening dari bank yang sama) keluar pesan bahwa nomer PIN yang saya maksudkan salah, akhirnya saya coba lagi tetap saja tidak berhasil dengan peringatan bahwa nomer PIN yang saya masukkan salah.
Saya yang punya pengalaman error dengan mesin ATM ini dengan cepat berkesimpulan bahwa ATM ini pasti sedang error dan mengajak teman saya untuk pindah ke mesin ATM disebelahnya, tapi yang terjadi tetep ae transfer tidak berhasil karena PIN yang saya masukkan salah, malah untuk ngecek saldo saja sudah gak isa karena PIN saya sudah diblokir. Akhirnya dengan ngomel-ngomel dan juga misuh-misuh kami keluar dan mengatakan kepada orang yang antri menunggu giliran setelah kami bahwa ATM lagi gak genah mungkin rusak.
Akhirnya saya memutuskan untuk menelpon hotline bank di nomor yang tertera di mesin ATM nya. Saat mulai menjelaskan permasalahan yang terjadi teman saya sudah mulai ngasih kode bahwa memang ada yang salah, yang segera saya ketahui saat petugas customer servicenya meminta nomor kartu ATM saya. Ternyata kartu ATM yang saya pegang bukan kartu ATM dari bank Mandiri melainkan kartu ATM bank BNI! Segera saya tutup telponnya karena saya sudah tahu kesalahannya dimana dan sebabnya apa sehingga transfer kami tadi tidak juga berhasil.
“Pantes ae menune kok bedo tadi” kata teman saya, dan saya juga baru sadar kenapa PIN yang saya masukkan salah terus sebab yang saya masukkan memang kartu ATM BNI padahal PIN yang saya masukkan adalah PIN ATM Mandiri saya dasar gebleg! Jadilah kami berdua ngakak menyadari kebodohan kami, “wah iki gara-gara kakean nyalahno uwong gak tau introspeksi awake dewe ancene,”. “wong kene ancene seng salah ngelbokno kartu kok iso sek ngotot nyalahno ATM Mandiri,” ujar temanku lagi. Setelah itu kami mencoba lagi dan tentu saja lancar karena memang kartu ATM yang saya masukkan dan PINnya sudah benar. Masalahnya tinggal ATM BNI saya yang terblokir gara-gara ngotot.

8 Komentar

  1. oalah, mangkane to…

    iki sek 2 atm wis bingung, ndanio nek 3 4 5, wuah…🙂

    iyo 2 ATM wes gak ono duite kabeh! piue kate duwe seng ke 3, 4 dan 5? hehehe

  2. Haks…haks…dasar GEMBLUNG….wis awak-e sing salah..malah nglerokno mesin ATM.
    Kuwi nek sempat NGREKAM lucu banget..kak…kak…jadi inget filmnya Mr. Bean aku. Wong nggantheng neng Gemblung….untung wae mesin ATMnya gak sempat sampeyan TENDHANG mas….nek aku dadi mesin ATMnya wis jelas keno umpat ” DIAMPUT ” dasar gemblung kowe haks..haks……!!

    nek mesin ATM tak tendang aku seng rugi hehehe, iyo lek Gundul untung gak iso bales pas tak pisuhi

  3. makane duwe kartu ATM ojo akeh-akeh mas:mrgreen:

    Untung ngga salah masukin kartu ke lubang keluar nota:mrgreen: seperti pengalaman yang saya temui minggu lalu.

    http://kabarihari.wordpress.com/2008/02/16/salah-lubangnya-d/

    soale gak duwe opo-opo maneh mas, huakakaka nek iku tambah parah!

  4. walah mas, kok ga konek gitu seh…
    emang kebelet pipis yach…😀

    dibikin konek aja, pipis di ATM hehehe

  5. Halah…:mrgreen:
    Laen kali, cobaik tarik pake KTP…:mrgreen:

    wes tau hehehe

  6. aih aihhh…:mrgreen: … udah salah… nyalahin orang eh mesin… udah ngadu (pasti mo pake marah2 juga kan?) lgs tutup telpon krn malu… :lol:pasti abis itu cengar cengir deh.. kekeke… kebayang…

    ya begitulah,tapi nelponnya gak marah-marah kok cuman nanya kenapa transpernya gak isa-isa:mrgreen:

  7. masalahku sama dg yg prtma..kira2 dr pihak bank tnggapannya gmn ya?

  8. saya beruntung pihak bank menanggapi dengan baik dan menjelaskan itu adalah kesalahan sistem dan tidak mengurangi saldo saya akibat dengan penarikan yang gagal


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

