Uya Lombok Terasi

Kalo sampean orang jawa pasti paham dengan tiga kata yang menjadi judul di atas apalagi yang wong ngGresik, buat yang tidak paham saya terjemahkan saja Uya=garam, Lombok=Cabe, Terasi=Terasi. Tiga jenis bahan untuk membuat sambel yang bila digabungkan menjadi ULTRAS.
Ini salah satu guyonan saya dan teman-teman yang muncul saat sedang ngalor-ngidul ngobrol tentang sepak bola atau tentang hasil pertandingan Liga Indonesia. Obrolan ini muncul saat mengomentari kekalahan tim Delta Sidoarjo, salah seorang teman berkomentar apa yang menjadi penyebab Deltras kalah “pantes ae kalahan, tim liyane julukane sangar-sangar mosok Deltras nggawe julukan tim lobster yo mesti ae digado ambek Macan kemayoran (Persija).” Yang intinya dia ingin mengatakan bahwa seharusnya julukan suatu tim seharusnya punya nyoni atau sesuatu yang bisa membuat gentar lawan. “lah nek ULTRAS opo sangare, uya lombok trasi,” ujar seorang teman yang disambut ngakak para anggota cangkrukan yang sebagian juga adalah pendukung setia tim kebanggaan kota Gresik. (buat para suporter Deltras jangan tersinggung ini cuman guyonan).
Lihat saja julukan atau nama kelompok suporternya, kebanyakan menggunakan nama yang melambangkan kegagahan atau keberanian yang diharapkan agar timnya bisa segarang dan bertarung dengan gagah berani sesuai julukannya, misalnya saja Persija dengan julukan Macan Kemayoran, Persik dijuluki Macan Putih, Arema dengan Singo Edan, Persib dengan Maung Bandungnya dan juga tim Bajul Ijo atau Green Force Persebaya. Biasanya juga tim-tim di Indonesia diberi nama julukan dengan nama yang khas yang menunjukkan dari mana mereka berasal atau yang menjadi maskot daerah mereka seperti PSMS yang dijuluki Ayam Kinantan, PSM Makassar dijuluki Juku Eja, Persiwa dengan Badai Pegunungan karena mereka berasal.
Begitu juga dengan kelompok suporternya mereka memilih nama yang bisa mewakili kota darimana mereka berasal atau suporter dari tim mana mereka berasal, Aremania yang artinya Arek Malang pendukung Arema, Mac Man yang menunjukkan bahwa mereka adalah orang-orang Makassar yang jadi suporter PSM. Atau juga Laskar Benteng, suporter dari tim yang bermarkas di Stadion Benteng tangerang. Dan memang menurut saya nama-nama kelompok suporter lain lebih heroik dibandingkan dengan Uya Lombok Trasi “iyo nek lobster enake ancen di sambelno uya lombok trasi, pantes sak tonggo kok jeneng panganan kabeh,” tambah teman lain mengomentari nama julukan bagi suporter dari Gresik (mohon maaf buat arek-arek ULTRAS, saya tidak bermaksud melecehkan).
Menurut saya pribadi memang nama kelompok suporter ULTRAS itu terlalu nggolek-nggolek gak punya karakter sama sekali, saya kok lebih merasa bahwa nama simpel dan gampang semacam SAG (suporter arek Gresik, misal saja) atau JOS (Joko Samudro Suporter) opo Laskar Giri lah, lebih gagah, orisinil dan membumi gak sok kebarat-baratan karena kalau dengar kata ULTRAS bayangan saya langsung tertuju kepada kelompok suporter garis keras di Italia sana.
Memang tidak otomatis dengan julukan yang sangar bisa membuat prestasi sebuah tim sepakbola langsung terangkat dan bisa disegani lawan. Tapi saya merasa dengan nama yang lebih orisinil dan punya karakter yang kuat bisa menambah solidaritas kita sebagai pendukung dan yang jelas lebih bisa diterima daripada sebuah kata asing yang terlihat asal keren dan tidak menunjukkan identitas kita, apalagi mempunyai nilai historis yang bisa membangkitkan semangat dan kebanggan pada kota kita.
Maju Terus GU!!!

3 Komentar

  1. uya lombok trasi nek di campur dadi siji, lebih dari dasyat lho cak, dadi MAKNYUSS….!!!

    iyo cak makane maknyus disantap hehehe

  2. Jadi inget seorang temen dari Magetan yang sering diolok2 kalo uda ngomongin singkatan nama Tim Sepakbola lokal. Lah kalo disingkat kan jadi PER satuan SEpakbola mageTAN. “PERSETAN” huahhahaha….

    (kalo uda gitu nama suporternya apa yak??hehehhe…)

    kalo PERSETAN rebutan ama pacitan mbak suporternya PETAN paling, kalo yang mojokerto lebih asik lagi PERSEMOK hehehe

  3. Walah… takpikir ngomongin masalah makanan…:mrgreen:

    lobster ambek sambel emang dudu makanan? hehehe


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s