JANGAN BERLEBIHAN

Segala sesuatu tentang efek positif dan negatif dari kopi, sepertinya saling berkejaran dan berlomba ditemukan. Membaca begitu banyak tulisan tentang efek positif dan negatif dari kopi kesimpulan saya cuman satu ”jangan berlebihan”. Dibalik manfaatnya yang begitu banyak (sampai ampasnya aja bisa untuk menghaluskan kulit) bahkan untuk bayi pun bisa bermanfaat mencegah step (panas tinggi) kopi tetaplah minuman biasa dan jelas bukan suatu obat ajaib! ada juga orang-orang tertentu yang tidak bisa atau sebaiknya menghindari kopi seperti penderita gangguan jantung atau asam lambung. Juga wanita hamil sangat tidak dianjurkan untuk tidak minum kopi.

Ingin tahu lebih jelas klik aja link-link di bawah ini.
Link yang paling bawah berisi tulisan tentang kopi apa yang cocok anda minum sesuai dengan zodiak anda🙂

http://www.kapanlagi.com/a/0000002400.html
Jika selama ini kopi hanya dikenal sebagai teman begadang karena kandungan kafeinnya, mungkin kini saatnya Anda tahu khasiat lain dibalik si hitam ini. Sebuah penelitian ilimiah yang di lakukan para pakar di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kopi kemungkinna besar memberikan efek positif bagi kesehatan lebih besar dari pada mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

http://www.perempuan.com/index.php?ar_id=7085
Namun dengan efek stimulan ini dapat membuat ginjal anda bebas dari batu ginjal. Menurut para peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa dengan minum kopi setiap hari dapat menurunkan resiko batu ginjal sampai 10% .

http://meisura.multiply.com/journal/item/27/KHASIAT_AMPAS_KOPI
Ternyata eh ternyata…ampas kopi itu sangat bermanfaat untuk melembutkan kulit tangan terutama setelah mencuci, apalagi bagi orang yang tangan kanannya sensitive dengan sabun deterjen.
Caranya..???Ampas kopi dituangkan pada telapak tangan, lalu gosok2an selama kurang lebih satu menit. Bilas dengan air.
Wow…gak disangka ya….

http://2bbetterlife.blogdetik.com/2008/03/24/9-khasiat-kopi-untuk-kecantikan/
1. Mampu mengangkat sel kulit mati sehingga bisa memperbaiki kulit yang rusak.
2. Dapat menetralkan kulit yang teriritasi sekaligus memberi nutrisi pada kulit.
3. Bisa menghilangkan bau badan.
4. Mampu merevitalisasi sel kulit baru dan menjaga kelembapan kulit.
5. Mampu menghilangkan bekas jerawat, vlek, dan noda hitam membandel.
6. Bisa menghilangkan selulit jika dilakukan secara teratur.
7. Dapat memperbaiki sirkulasi darah dan memecah lemak di tubuh yang dapat menimbulkan selulit.
8. Berfungsi sebagai astringent karena kandungan pH-nya sama dengan kulit kita (4,5) sehingga mampu mengurangi dan menghilangkan jerawat ataupun noda di kulit.
9. Memberi proteksi terhadap sinar UVA atau UVB.

http://vinosa.wordpress.com/2007/12/22/khasiat-kopi/
Bagi remaja putri atau ibu-ibu yang sering mengalami gangguan sakit perut apabila datang bulan, yaitu perut terasa mules dan melilit. Cobalah resep berikut ini yang akan bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Ambil satu sendok makan kopi, seduh dengan air mendidih, jangan tambah dengan gula. Diamkan sebentar, kemudian diminum hangat-hangat.

http://kopitips.com/2007/11/20/kopi-dan-kesehatan/
Dalam “The Pharmacological Basis of Therapeutics” oleh Dr. J. Murdoch Ritchie disebutkan bahwa:
a/ Efek positif dari kafein antara lain: menambah kecepatan berpikir dan inspirasi, menyembuhkan rasa ngantuk dan kelelahan, peningkatan sensor stimuli dan reaksi motorik; misalnya seorang yang mengetik akan dapat bekerja lebih cepat dan dengan tingkat kesalahan lebih kecil.
Secara kedokteran, menurut Dr. Ritchie, kafein yang terkandung dalam 1 sampai 2 cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah2 cair maupun padat dari dalam tubuh, sehingga badan kita terasa lebih “segar”.
b/ Efek negatif kafein bila diserap oleh tubuh secara berlebihan antara lain: kecemasan kronis, gelisah, lekas marah, insomnia, otot berkedut, dan diare. Kafein dalam jumlah yang lebih besar (yang dikandung oleh -misal- 10 cangkir kopi yang diminum berturut2) akan bersifat racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain: muntah, demam, dan kebingungan secara mental. Kafein dalam jumlah yang sangat besar bahkan dapat menjadi zat yang mematikan. Dosis mematikan bagi manusia adalah sekitar 10 gram, atau kira2 100 cangkir kopi yang diminum berturut2. Jadi jangan coba2 bunuh diri dengan cara ini, karena kemungkinan besar di cangkir ke 75 perut anda sudah kembung dan tidak kuat minum lagi. Hehe..

http://mypotret.wordpress.com/2008/01/21/kalau-hamil-jangan-ngopi/
Singkat saja, wanita hamil yang suka ngopi dianjurkan untuk membatasi konsumsi kafeinnya maksimal satu gelas per hari, atau lebih baik menghentikan secara total. Hal ini dikarenakan kafein menyebabkan sang jabang bayi menjadi stress dan mengurangi pasokan darah yang mengalir melalui plasenta. Kedua sebab ini bisa berakibat fatal dan menjadi salah satu faktor terjadinya keguguran.

http://jasminecake.multiply.com/journal/item/12
Dalam Reader’s Digest edisi Desember 1994, yang mengutip laporan penelitian yang dibiayai The US National Institute of Child Health and Human Development dan The US National Institute on Drug Abuse, memberitakan bahwa wanita yang mengonsumsi 300 mg kafein setiap harinya memiliki kesempatan 27 persen lebih rendah untuk hamil dibandingkan dengan mereka yang terbebas darinya. Meski mekanismenya belum diketahui pasti, sebuah hipotesis mengatakan, kemungkinan substansi ini dapat menurunkan level hormon—semisal estrogen— hingga memengaruhi ovulasi.

http://www.harian-global.com/news.php?item.6277.7
Untuk wanita, minum kopi bisa mengurangi kesuburan. Yang menopause, kopi dalam jumlah banyak bisa mempercepat osteoporosis (keropos tulang). Pada dosis sedang, kafein mampu meningkatkan produksi asam lambung secara berkelanjutan. Ini bisa menaikkan kemungkinan serangan penyakit lambung. Maka penderita lemah lambung, jangan minum kopi.

http://my-curio.us/?p=322
Kopi bukan hanya bermanfaat untuk orang dewasa, lo. Dengan takaran dan cara pemberian yang pas, kopi juga bisa bisa memberi manfaat bagi anak-anak, balita, bahkan bayi yang baru lahir.

http://my-curio.us/?p=323
Efek lain, kopi bisa pula merangsang keluarnya asam lambung. Konsumsi kopi yang berlebihan membuat produksi asam lambung naik. Ini memperbesar risiko seseorang terkena penyakit lambung, tukak lambung, dan tukak usus halus. Dus, kopi juga terlarang bagi penderita mag.

http://my-curio.us/?p=321
Selain itu, senyawa kafein yang tergolong alkaloid itu sebetulnya juga mampu meningkatkan kewaspadaan saraf motorik. Kafein pun menimbulkan perangsangan pada sistem pernafasan dan sistem pembuluh darah dan jantung.

http://oniefm.blogspot.com/2007/08/scratchsoul-suka-kopi.html
Awal Mula Kopi
Tumbuhan kopi ditemukan oleh seorang Sufi Ali Bin Omar dari Yaman. Ia merebus kopi sebagai obat penyakit kulit dan obat-obatan lainnya. Sehingga pada waktu itu kopi mendapat tempat terhormat di kalangan masyarakat negeri itu. Dari khasiat kopi tersebut akhirnya membawa kemakmuran bagi pemilik-pemilik kebun kopi, pengusaha kedai kopi, pedagang kopi, eksportir kopi, dan pemerintah di berbagai belahan dunia tanaman minuman beraroma khas itu ditanam.

http://oniefm.blogspot.com/2007/08/zodiak-kopi.html
Konon, ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa khasiat kopi akan terasa di dalam tubuh jika pilihan racikannya sesuai dengan zodiak. Ini bukan horoskop, sekedar wawasan bahwa kopi begitu beragam karakternya, sampai-sampai dianggap kopi memiliki zodiac sendiri.

29 Komentar

  1. bener tu, jangan berlebihan

    tengah2 saja.. lebih enak dan gurih!😉
    :mrgreen:

    iyo opo maneh nek tengah wajan seng digoreng hehehe

  2. wah literaturnya lengkap🙂
    klo gitu diriku minta kopi gulanya satu sendok susunya dua sendok ya mas:mrgreen:
    *digebukin empunya blog*

    dilayani, tapi rasane gak jamin hehehe

  3. wah kopi bukan sekedar pencegah ngantuk saja.
    thanks infonya, lengkap banget.

    iya mas, malah bisa jadi obat tidur

  4. Memang kopi nikmat banget tapi kalau saya ga terlalu suka minum kopi kecuali minta sama suami.
    aku mau copy ya infonya

    minta sama suami siapa mbak? hehehe, monggo di pun kopi mawon lah kulo nggeh angsale namung ngopy pindah🙂

  5. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/makanan_minuman/manfaat_kopi/

  6. kopi juga bisa buat ngeramal. Dulu Ada satu tmn kosku yang bisa, jadi hampir tiap pagi kita iseng ngeramal. Selesai minum kopi khan sisa ampasnya aja tuh, nah tuang perlahan – lahan (harus ) dengan tangan kanan sampe ampasnya habis sisa alur -alur kopi didinding gelas. Alur – alur itu yang bisa buat ngeramal kejadian sehari2.

    halah onok-onok ae anyar iki tas ngerti… iku jenenge ilmu G🙂

  7. Gw kurang sepakat ama khasiat yang buat mengatasi gangguan sakit perut waktu datang bulan, coz in my case, kopi justru memperparahnya. makanya gw menghindari kopi kalo pas lagi awal-awal datang bulan

    gampang… nunggu pas tamunya udah pulang aja hehehe

  8. bukan penggemar kopi sih jadi ga gt ngaruh
    *saya tehcholic*

    keseimbangan
    susyah

    susah tapi bukan mustahil mas…🙂

  9. wah saya sudah menjadikannya seperti air putih

    wah berat iku cak, ono gak seng menjadikan air putih seperti kopi hehehe

  10. Wah kayaknya mo pindah JALUR jadi JURAGAN KOPI neh…
    Sayang…saat ini Asam Lambungku lagi gak bisa diajak kompromi
    Jadi….??? NGOPI terpaksa dipending dulu deh…..sebagai GANTINYA…
    biar sama-sama Hitamnya…..NGECAP dulu ha..ha…ha….

    pokoe gak NGECAPI es batu ae kadit masalah lek hehehe

  11. bisa disebut coffee lover ga ya, kalau sekedar suka minum kopi susu? (baik yang di warung mahal, maupun kopi sachet)
    takutnya, yang disebut coffee lover tuh hanya orang-orang yang jauh lebih mencintai espresso daripada capucinno…
    … eh.. maaf… langsung nyelonong
    salam kenal ya…🙂

    saya malah gak pernah minum capuccino dan espresso …. soalnya di warung langganan saya gaka ada hehehe, salam kenal juga

  12. wah kayaknya untuk penyuka kopi seneng banget nih ada ulasan kyk gini.
    Ternyata banyak yg gw ga tau jg ttng kopi..yg gw tau klo ngerasa ngantuk minum kopi dl pasti melek…gitu tuh…

    wah salah tuh mbak, saya kalo belom minum kopi malem susah meremnya hehehe

  13. punya kedai kopi ya ???

    ada voucher gratis ?😛

    belom ada pemodal mas, yang mau inves kedai kopi plus hotspot (kaya yang direncakan mister popo) hehehe

  14. kalo saya penyuka kopi nih, dari aromanya bikin pikiran tenang. apalagi kalo dah ngantuk tapi masih pengen melek, weks……ngebantuin banget. tapiii……………setelah baca postingan ini, aku mau ngurangi ah, habis ada point mengurangi kesuburan e. kalo buat laki2 gmn, mengurangi kesuburan juga ga (mungkin kualitas s****a jadi menurun gitu deh?)…..

    tapi abis baca postingan ini pasti langsung jadi mbak, jangan kuatir hehehe

  15. ayo-ayo ngopi..

    *sampeyan asli Madiun po cak? temen saya dari Madiun, sepertinya ngga akan bisa hidup kalo ngga ada kopi..

    ngGresik cak, di ngGresik juga mirip-mirip gitulah, opo luwih nemen yo?

  16. sumbernya keren. trance

    repot ae mbak…

  17. Kopi susu ginseng + cognac = eunuak buanget, habis itu bisa tidur pulas, besok pagi bangun seger buanget.

    oalah itu tah resepnya mbak jul🙂 tp bangun tidur kok seger buanget?bukannya bangun tidur buka mata dulu mbak hehehe

  18. saya suka banget sama kopi.. tengkyuw infonya, saya jadi takut ga takut minum kopi

    sama-sama, jangan lupa ajak saya kalo minum kopi🙂

  19. Hmmm … kumplit juga ini …
    Rajin mengumpulkan dari sumber-sumbernya …
    Tengkyu mas … sudah sharing …

    repot ae mas… hehehe
    bukan rajin mas, ini saking malasnya bikin postingan jadi kopi-kopi n paste

  20. Wah luar biasa mas! Artikele sampean pasti lama nih buate… link referensinya buanyak bgt…

    Yup.. kopi gimanapun tetap kopi tetap hitam [kalo putih susu]
    Tapi kadang kalo kebanyakan kopi ko perutku tambah sakit ya?🙂

    makanya jangan banyak-banyak mas…
    tinggal kopi (bukan copy hehehe) n paste tok ref-nya

  21. ai lup kofee…
    salam kenal yaaah………..

    Salam kenal juga mas, sering2 mampir ya🙂

  22. di sini juga ada

    hekhekhekhek.. saya malah komentar hantu hotel di blognya Toni Wahid itu😆

  23. salam kenal….

    artikelnya bagus banget🙂 saya kasih mak saya ah…. soalnya dia pecandu kopi banget. Katanya klo gak ngopi bisa pusing seminggu. Gile aje….. 😀

    gak usah, mak-nya aja diajak ngeblog hehehe

  24. Wah…aku penyuka kopi banget nih…

    tapi “gak berlebihan” kok..sebenernya alasannya mudah banget yaitu supaya tidak timbul banyak Plak pad gigi…

    jadi, walaupun aku penyuka kopi, minumnya kalo pas pengen, pas ngantuk dan gak bisa ditahan lagi tapi harus kerja, atau pas pusing banget dan butuh obat instant..baru deh minum kopi,

    anyway, thanks banget artikelnya ttg kopi

    • biar gak ngantuk minum kopi? kalo saya malah abis minum kopi langsung gampang tidur hehehe

  25. Kopi juga bisa membuat wanita lebih bergairah dalam hubungan sex lho. Nah, ini yang patut dicoba, daripada minum obat mendingan minum yang lebih alami kan….. Di sini informasi selengkapnya http://coffee.vinensia.com/2009/04/ward-off-stroke-by-drink-coffee.html

  26. Saya secara rutin minum Kopi Tanpa Gula untuk meningkatkan metabolisme tubuh saya sehingga saat olahraga tubuh saya menjadi lebih cepat membakar lemak dan ini baik untuk program diet saya.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s